Cara Mengembalikan Data Hardisk/ Flashdisk Yang Error

Sebuah hal yang sungguh menjengkelkan kalau kita harus kehilangan data dikarenakan flashdisk yang rusak, hang atau flashdisk tidak mampu dibuka, sedangkan kita tidak mempunyai back_up data tersebut. Keadaan yang semacam ini sering menciptakan beberapa orang merasa frustasi sehingga dengan berat hati mereka mengulangi pekerjaan yang sebelumnya telah dilaksanakan. Jika data tersebut tidak terlampau penting  maka dilema ini akan segera tertuntaskan dengan melakukan format pada flashdisk. Akan namun, bila data tersebut begitu penting, seperti data skripsi, tesis, atau disertasi, maka resiko kehilangan data membuat beberapa orang berpikir panjang untuk eksklusif memformatnya, mereka lebih memilih untuk mencari cara biar data tersebut terselamatkan.

Meskipun sudah banyak master yang sudah membahas bagaimana cara menangani atau memperbaiki flashdisk yang rusak, flashdisk hang, flashdisk tidak mampu dibuka bahkan memperbaiki flashdisk yang telah tidak mampu diformat. Namun tidak siapa pun mau atau berani melakukannya karena merasa tidak percaya datanya  akan terselamatkan. Nah, untuk anda yang kebetulan mengalami hal demikian, jangan tergesa-gesa frustasi, mengulangi pekerjaan, atau memformat flashdisk. Tidak ada salahnya bila anda menjajal baberapa trick biar data anda terselamatkan. Perlu dipahami apalagi dulu apa penyebab kerusakan flashdisk tersebut biar tahu ada atau tidaknya kemungkinan flashdisk anda terselamatkan dan anda tidak melaksanakan hal yang sia-sia.

Berdasarkan pengalaman, ada beberapa aspek yang menyebabkan flashdisk rusak, diantaranya ialah:
  • Kesalahan Pemasangan Panel USB Depan
Inilah kesalahan fatal yang kadang terjadi pada komputer rakitan sendiri. Pemasangan panel USB depan yang tidak sempurna (urutan pin socket untuk USB depan pada Motherboard) dapat menjadikan kerusakan pada flashdisk. Kerusakan inilah yang susah diperbaiki, alasannya adalah penyebabnya yakni terjadinya konsleting pada flashdisk sehingga flashdisk tidak mampu digunakan lagi. Walaupun kerusakan ini cukup parah, jangan putus asa, silahkan check flashdisk dengan memasangnya pada USB belakang atau pada USB komputer lain.
  • Terlalu Sering Mencabut Flashdisk tanpa Melepas (eject) Terlebih Dahulu
Tidak semua orang memperhatikan hal ini, sehingga kerap kali flashdisk hang gara-gara melepas flashdisk yang masih dipakai, atau ada proses pada windows yang memakai file atau data dari flashdisk. Pencabutan flashdisk secara paksa juga dapat menimbulkan kerusakan pada file mirip data word, foto, dsb. Mencabut flashdisk tanpa eject terbelih dahulu juga mampu mengakibatkan rusaknya flashdisk sehingga berganti property flashdisk menjadi RAW atau flashdisk minta diformat. 
  • Komputer BerVirus
Komputer yang menjadi sarang ternak virus tidak menutup kemungkinan dapat menjadi penyebab kerusakan flashdisk. Beberapa virus menggunakan flashdisk selaku media penyebaran virus tersebut. Hal ini kerap kali ditandai dengan property flashdisk sarat meskipun data yang tersimpan cuma sedikit.
Demikian penjelasan perihal penyebab kerusakan flashdisk yang acap kali terjadi, menurut kriteria di atas dapat anda putuskan bagiamana cara untuk mengatasinya, adalah selaku berikut:
  • Check Disk. Klik kanan pada Flashdisk drive, dan lakukan check disk. Misal kalau flashdisk berada di drive F, maka : F klik kanan - Properties pada tab Tools klik Check Now dan beri tanda centang pada Automatically fix file system errors kemudian klik start, tunggu hingga proses berjalan.

  • HDD Scan atau HDD Tune. Anda juga mampu mengatasinya dengan menggunakan tool ini, pilih drive flashdisk lalu jalankan hingga proses final.
 
  • Jika data di dalam flashdisk bukanlah data yang penting adalah dengan memformatnya. Klik kanan pada flashdisk lalu format. Namun ini rawan anda akan kehilangan data anda.
  • Low Level Formating,  ini hanya diusulkan bagi flashdisk yang memang sungguh-sungguh sudah tidak tertuntaskan dengan cara di atas. Tool ini akan menghapus data secara permanen, tentukan dimana letak drive flashdisk anda, kemudian laksanakan tool ini. 
 

Demikian beberpa aspek penyebab kerusakan flashdisk atau USB berikut cara mengatasinya, semoga artikel yang singkat ini berfaedah bagi anda, khusunya yang mengalami persoalan kerusakan pada flashdisk.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Sambutan Ketua Panitia Perayaan Isra' Mi'raj Dan Maulid Nabi

Free Download Driver Advan Vanbook P1n-45125

Download Modul Didik Pai Dan Bp Kurikulum Merdeka Kelas 5 Sd Mi Lengkap