Tradisi Jolenan Desa Sumongari Purworejo

Jolenan atau diketahui dengan nama Jolen ialah tradisi merti desa yang dijalankan masyarakat  Sumongari kecamatan Kaligesing kabupaten Purworejo selaku wujud syukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa. Tradisi Jolenan hampir sama dengan tradisi Nyadran atau Saparan yang dijalankan sebagian penduduk di Jawa Tengah, cuma saja Jolenan ini dijalankan 2 tahun sekali, tepatnya pada bulan Sofar (Sapar). Kirap jolenan merupakan salah satu program yang dinantikan-tunggu masyakarat kabupaten Purworejo, tak jarang masyarakat dari luar daerah turut melihat kirap Jolenan, sekedar ingin tau ingin menyaksikan atau memang sengaja datang untuk ngalap berkah (Cari Berkah).

Secara fisik, jolenan atau jolen berbentuk piramida anyaman janur dan berisi banyak sekali kuliner seperti tumpeng, ayam panggang, dan aneka macam hasil bumi yang lain. Sementara di bab luar, Jolen dihias dengan bermacam-macam hasil hutan seperti buah Durian, Manggis dan Kokosan, serta hasil industry rakyat. Di dalam jolen itu, tidak pernah ketinggalan kuliner tradisional berbentukkerupuk opak berbentuk bunga manggis dan durian yang ditancapkan memutar dan akan menjadi target rayahan warga. “Jika dinilai uang, setiap jolen rata-rata menelan dana antara Rp 400 sampai Rp 500 ribu,” kata Suyono Sudibyo seraya menyertakan, jolen yang berjumlah 45 buah itu dikirab keliling desa, sebelum kesannya diperebutkan untuk warga masyarakat dan pengunjung.

 yang dilaksanakan masyarakat  Sumongari kecamatan Kaligesing kabupaten Purworejo sebagai  Tradisi Jolenan Desa Sumongari Purworejo

Jolenan diarak mengelilingi desa Sumongari yang dipimpin Kepala desa Sumongari beserta perangkat desa dengan menunggangi Kuda hias. Berbagai pengiring turut memeriahkan program Jolenan, mulai dari pemuda-pemudi, pelajar, drumb grup musik, serta kesenian masyarakat mirip; kuda lumping, reog, ketoprak, ndolalak, dan lain sebagainya. Setelah diiring mengelilingi desa, Jolenan tersebut akan diperebutkan penduduk dan para pengunjung di pendopo desa Sumongari (Kedono-Kedini).

Salah satu dokumentasi merti desa Jolenan mampu Anda saksikan pada Video Kirap Jolenan desa Sumongari tahun 2013 berikut:


Demikian post terkait dengan merti dusun Jolenan desa Sumongari kecamatan Kaligesing kabupaten Purworejo yang mampu kami bagikan, supaya bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Sambutan Ketua Panitia Perayaan Isra' Mi'raj Dan Maulid Nabi

Free Download Driver Advan Vanbook P1n-45125

Download Modul Didik Pai Dan Bp Kurikulum Merdeka Kelas 5 Sd Mi Lengkap